Test Ride Versys X 250 di Bromo

Sesi test berlangsung dalam dua sesi, sesi pertama Kamis (23 Feb) di jalan aspal / tarmac, di sekitar terminal Sukapura Probolinggo, sebelum naik ke Bromo.

Untuk test ride Versys-X 250 para jurnalis yang berjumlah 50 orang harus bergantian, karena pihak KMI hanya menyediakan tujuh unit Versys-X, yakni dua unit Versys-X 250 City dan lima unit Versys-X 250 Tourer.

Saat sesi test mencicipi Versys-X 250 City. Ketika duduk di atas motor yang memiliki tinggi jok 815 mm. Memang sedikit menjadi kendala, untuk postur setinggi 160cm sehingga harus jinjit menggunakan satu kaki. Namun untuk postur tinggi 170cm ke atas sangat nyaman pijakannya.

test-ride-kawasaki-versys-x-250

Terbilang cukup nyaman ketika mulai melajukan motor dual-purpose adventure touring. Didukung setang lebar, sehingga motor lebih terkesan ringan.

Jarak tempuh tes yang terbilang singkat hanya 15 km tak bisa lebih jauh mengeksplorasi “mesin Ninja” yang berpostur jangkung ini. Sehingga kurang maksimal mendapatkan impresi klaim tenaga 33,5 hp. Kami cukup memuji sentakan gear saat putaran bawah.

Berlanjut pada hari kedua (24 Feb), bermain di medan off-road, kesempatan mengeksplorasi juga terbatas, karena sekitar 5 km di kawasan pasir Gunung Bromo. Hanya terimpresi pada ukuran velg besar 17 inci di belakang dan velg 19 inci untuk depan.

Untuk suspensi depan teleskopik 41 mm cukup lumayan buat melibas jalan yang bergelombang, tapi untuk suspensi belakang monosok uni-track masih terasa keras, sepertinya disiapkan untuk yang ingin bermain “speed off-road”.

Meski kawasan Bromo memiliki jalur yang seuai dengan desain motor Versys-X 250, kami tidak diijinkan mencoba di jalur yang sedikit ekstrim. KMI beralasan, Versys-X 250 bukan untuk motor terabas namun sebagai motor touring saja.

“Versys X250 memang didesain bukan untuk melibas jalan off-road tapi semi off-road, Biasanya motor touring identik dengan cc besar, Versys X250 bisa menjadi pilihan para biker yang mengharapkan motor touring tapi dengan kapasitas mesin yang lebih kecil,” ujar  Hiroyuki Wada, Project Leader Versys-X 250 dari Engineer Department, R&D Division, Motorcycle & Engine company.

test-ride-kawasaki-versys-x-250

Kesimpulan

  1. Tinggi motor yang sangat bersahabat dan membuat lebih banyak biker bisa menaiki motor ini
  2. Handling saat cornering yang ringan (dan sepertinya lebih baik dibandingkan Ninja FI). Versys X bukanlah sekedar Ninja250Fi yang direpackage. Ada selisih 5 tahun teknologi yang diterapkan pada Versys X.
  3. Karakter tenaga yang padat gigi 1-2 namun minim vibrasi
  4. Kapasitas tanki full to empty bisa mencapai 425 km dengan asumsi 25 km/liter
  5. Bentuk dan material seat yang nyaman untuk long range riding

Ingin Beli Kawasaki Verys X 250?

Leave a Reply

%d bloggers like this: